Sunday, October 28, 2012

BERHENTI MEROKOK DENGAN MUDAH

Semua orang sudah pada tahu kalau merokok merupakan sebuah kegiatan yang 100.000 persen sangat membahayakan kesehatan pribadi seseorang, bahkan juga terhadap orang-orang yang berada disekitar Sang Perokok itu. Malahan, seorang perokok pasif apabila menghirup asap rokok dari seorang perokok aktif, maka akan menerima racun nikotin rokok senilai 75 % sementara si perokok cuman 25 % saja. Kebayang khan betapa ruginya kesehatan kita saat berada dan berdekatan langsung dengan orang yang sedang merokok dan mengepul-ngepulkan asapnya ke udara bersih kemudian bersiap untuk langsung di "konsumsi" oleh paru-paru bersih kita. Mendengarnya saja, secara pribadi saya menjadi sesak, apalagi mengalaminya secara langsung.

Dewasa ini, merokok ternyata bagi sebahagian kalangan tak mengenal tua muda, dewasa remaja, pria wanita ataupun kaya miskin, sudah bukan merupakan trend modernisasi semata-mata, tapi juga dianggap sebagai sebuah "kebutuhan" yang lagi-lagi masih menuai kontroversi. Kalangan perokok menilai bahwa tanpa rokok, mereka tak mampu full konsentrasi, pikiran buntu, mengusir hawa dingin, mulut terasa kelu dan asem, menghindari stress, mengusir kejenuhan serta argumen-argumen lainnya yang tentunya ingin dijadikan sebagai suatu pembenaran dan pernyataan akan "keampuhan" rokok diluar pertimbangan sisi kesehatan.

Namun ternyata, tak sedikit pula dari kalangan perokok tersebut yang hendak maupun tengah mencari solusi-solusi aman tapi mudah dalam menghentikan kebiasaannya mengkonsumsi rokok. Sekalipun bukan perokok, namun kali ini saya ingin membagi beberapa tips jitu nan mudah dalam upaya berhenti merokok. Cara ini tentunya memberi dampak yang beragam bagi setiap perokok yang mencobanya, tergantung masing-masing individu. Ada yang sifatnya cuma sementara waktu saja atau bahkan bisa menghilangkan kebiasaan merokok secara permanen. Berikut tipsnya :

1.   Berolahraga secara teratur
Dengan meluangkan waktu berolahraga dengan teratur, pikiran menjadi lebih jernih dan tubuh terasa bugar. Dengan kondisi tubuh yang fit seperti ini, dipercaya mampu menghindarkan diri dari pikiran yang stress, jenuh, suntuk maupun buntu. Kebiasaan rokok-pun dapat secara perlahan-lahan dikurangi hingga bisa dihilangkan.

2.  Perbanyak konsumsi air mineral / putih
Mulut seringkali mengalami rasa kaku dan kelu, umumnya disebabkan karena kekurangan H2O atau air. Perbanyaklah minum air putih yang sangat dipercaya mampu pula menghilangkan racun-racun nikotin yang ada dalam tubuh. Upayakan jangan meminum kopi, sebab kopi justru memicu untuk kembali mengkonsumsi rokok.Jika dahaga kita terpuaskan, menurut penelitian akan timbulkan sensasi tersendiri untuk lebih banyak menolak tawaran rokok.

3.  Sibukkan diri
Jika kita termasuk pekerja dengan rutinitas yang tinggi setiap harinya, maka upaya menghentikan kebiasaan merokok akan sangat sangat dan sangat mudah. Cukup sibukkan diri dalam kegiatan-kegiatan positif (kerja kantor ataupun lapangan) namun tetap menjaga kondisi tubuh untuk tidak sakit atau terlalu lelah. Secara otomatis akan lambat laun menjauhkan diri kita untuk mengkonsumsi rokok.

4.  Mengunyah makanan ringan
Ini termasuk cara yang cukup enak. Kadangkala orang merokok biasanya selepas makan ataupun mulut terasa kelu karena diam dan tidak beraktivitas (berbicara, dll). Nah, dengan mengkonsumsi makanan ringan selepas makan ataupun sekedar untuk olahraga mulut semata dengan "secukupnya" (antisipasi obesitas), maka kebiasaan merokok akan tergantikan.

5.  Bergaul dengan kalangan non-perokok
Cara ini sedikit kontra produktif, apalagi bagi seorang perokok yang "sudah terlanjur" kebanyakan memiliki teman yang juga notabene seorang perokok. Namun sebaiknya perluas lagi hubungan sosial khususnya bergaul dengan orang-orang yang non-perokok. Secara tidak langsung, pergaulan itu akan membawa kita untuk berhenti merokok. Salah satunya dikarenakan untuk menemui mereka, kita secara adab akan menghargai mereka dengan mencoba untuk tidak merokok.


Silahkan dipraktekkan, bagi kalangan perokok dan memang secara tulus ingin berhenti dari kebiasaan yang tak sehat tersebut. Mungkin 5 cara diatas hanya merupakan segelintir metode alami untuk berhenti merokok. Tentunya masih banyak cara beragam lainnya yang belum dijelaskan disini. Mungkin ada yang mau menambahkan ???

No comments:

Post a Comment

About Me

My Photo

GOOD LOOKING, CERDAS, RAMAH, VISIONER, INOVATIF DAN MURAH SENYUM